Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Suka Menulis? Inilah Cara Mudah Menulis Cerpen, Cerbung dan Novel Online, No 1 Lupakan Aturan

Panduan Lengkap Menulis Cerpen, Cerbung dan Novel 


Belajar Menulis Cerpen, Cerbung dan Novel :
Cara terbaik meluapkan emosi agar bisa menjadi nilai positif adalah bisa jadi dengan menulis. Sudah pasti banyak hal yang bisa di tulis untuk Anda yang memang punya emosi berlebih.


Dari pada itu emosi berceceran tidak jelas tujuanya kenapa tidak dijadikan sebuah karya. Baik itu cerpen, cerbung dan novel. Sejatinya ketiganya hampir sama hanya ada berapa sedikit perbedaan saja.

Untuk kali ini khusus belajar cerpen, cerbung dan novel . Seperti motto group bbb, yaitu "merubah sampah menjadi emas" adalah merubah sampah pikiran menjadi sebuah karya.

Langsung saja seperti biasanya, suka menulis? Inilah 9 langkah mudah menulis Cerpen,Cerbung dan Novel sebagai berikut;

1. Menulislah dan Lupakan Aturan


Jika Anda membaca langkah pertama ini sudah dipastikan ingin protes. Jika jawabanya iya maka selamat dan silahkan membaca ulasan ini sampai selesai. Bayangkan saat ini saya sedang disamping menepuk pundak Anda sembari membisikan kata;

"Menulislah dan lupakan aturan!"

Perlu di ingat dan dicatat bahwa yang saya katakan adalah menulisalah dan lupakan aturan bukan menerbitkan atau memposting karya. Catat itu!

Salah satu yang sering menjadi masalah saa Anda mulai menulis adalah dipusingkan oleh berbagai aturan yang justu tidak jadi menulis. Yang penting menulis dulu.

2. Tulislah cerita Itu Sampai Selesai

Apapun alasanya cerita yang Anda tulis harus selesai. Jika tidak maka percuma saja. Hiraukan semuanya, apakah cerita Anda baik atau buruk terpenting utuh dan selesai.


Apakah EYD berantakan? Alur tidak jelas biarkan saja dulu. Nulis saja apa yang ada dalam pikiran Anda, luapkan semua emosi di sana.

3. Diemin dan Tinggal Ngopi

Maksudnya adalah tinggalkan sebentar itu cerita gak usah diganggu gugat. Silahkan Anda ngopi bagi yang suka ngopi atau ngeteh yang suka teh. Tapi bukan teteh ya? Ha ha

Intinya adalah biarkan otak Anda kembali tenang dan fresh. Baru mulai langkah selajutnya.

4. Lakukan Revisi dan Editing


Menulis itu lebih mudah dari pada melakukan editing itu memang kenyataan yang tidak bisa disangkal adanya. Agar tahap editing berjalan mudah lakukan langkah-langkah berikut ini;

A. Tentukan Tema Cerpen

Sebelum mulai merevisi maka tentukan dulu tema cerita itu. Apa Anda menulis cerita singkat? Cerita pengalaman pribadi? Dan sebagainya. Dengan menentukan tema yang jelas akan memudahkan Anda merevisi.

Misalnya Anda ingin menulis cerita fiksi remaja. Tema yang diangakat bisa berupa persahabatan, cinta monyet dan sebagainya. Atau menulis cerpen religius? Inspirasi? Bahkan mungkin dewasa.

Sebelum Anda mulai tahap editing cerita dimulai sediakan catatan pada kertas atau apa saja. Mulai tulis secara runtut seperti langkah-langkah yang saya bahas ini. Dan tolong ini di catat baik-baik ya!


Tema itu bukan judul cerita ! Jadi jangan sampai salah. Walaupun begitu antara judul dan tema harus nyambung tapi beda. Jangan pula tema dan judul dibuat sama. Saya anggap Anda pasti paham sudah.

B. Tentukan Tokoh dan Karakter dalam Cerita dan POV



Untuk apa menentukan tokoh dalam cerita? Adalah agar memudahkan Anda merevisi tulisan. Perjelas tokoh dan karakernya misalnya dalam cerita yang saya tulis;

Tokoh Urya, cerdas, tegas, sedikit bicara namun pandai merayu wanita. Eva ; pendendam, baik hati, setia, egois.


Anda bisa menentukan sendiri tokoh dan karakter tersebut. Dari pengalaman saya, biasanya karakter tokoh satu dengan tokoh lainya ini sering tertukar. Karena itulah kenapa tadi saya minta untuk membuat catatan. Tujuanya adalah mempermudah merevisi karya yang ada.

Bagi pemula saran saya lebih mudah pakai POV 1 dan penjelasan pov akan belajar berikutnya.

C. Tentukan Alur Cerita



Paling tidak ada dua cara menentukan alur cerita yang bisa menjadi refrensi untuk Anda. Karena teknik ini sering saya pakai dan hasilnya sangat membantu .

Apa saja itu? Adalah dengan outline seperti gambar di atas dan kedua teknik klimaks. Pembahasan membuat outline dan teknik klimaks akan di bahas bab berikutnya agar lebih detail.

Paling tidak Anda bisa membuat outline seperti cantoh gambar di atas, dengan begitu jalan cerita akan lebih mudah dan terarah. Anda tinggal mengikuti saja apa yang telah Anda rencanakan.


D. Tentukan Latar Cerita

Apakah di sekolahan? Apakah di Kota? Kampung? Perjelas latar cerita itu. Ini akan memudahkan Anda memainkan detail tempat pada cerita. Perlu diingat detail tempat juga sangat mempengaruhi para pembaca.

Misalnya dalam salah satu cerbung saya angkat detail tempat saat Urya pergi ke Malang. Otomatis pembaca asal Kota Malang meninggalkan kesan tersendiri. Atau saat Eva di Kudus, waktu itu banyak pembaca asal Kota Kretek Kudus suruh mampir.

Kadang merasa konyol sensdiri namun itulah pengaruh dari detail tempat. Dan salah satu membuat detail tempat lebih mudah adalah dengan menentukan latar cerita.

E. Tentukan Ending yang Menyentuh

Apakah akan berakhir happy ending atau bad ending yang terpenting bisa menyentuh para pembaca. Itulah cara terbaik agar karya Anda akan selalu diingat oleh pembaca.

Setelah semuanya siap maka selanjutnya lakukan revisi cerita secara total sesuai langkah-langkah di atas. Jika cerita sudah ditempatkan pada point-poist sesuai catatan Anda maka jangan langsung diposting.

Simpan cerita itu terlebih dulu. Sebelum cerita itu layak jual atau paling tidak bukan sampah maka ada tahap-tahapan lagi sebelum dijadikan novel atau karya yang ada nilai jual.

5. Terbitkan Karya Anda


Anda bisa memposting beberapa karya mentah Anda di group kepenulisan untuk membangun brand, uji pasar dan uji kemampuan menulis. Biarkan saja cerita masih berantakan, jangan buru-buru dijadikan karya matang.
Apapun alasanya, novel terbaik adalah novel yang belum pernah dipublikasikan di umum. Artinya apa? Saat nanti ada orang beli mereka tidak kecewa dan yang paling penting bisa menciptakan banyak pembaca yang kepo.

"Bagaimana jika belum bisa diterbitkan secara ofline (novel kertas)?" 


Tidak perlu kwatir, sekarang juga banyak penulis menerbitkan karyanya dalam bentuk novel online. Apa saja pilihanya? Silahkan kepoin disini yang terbukti membayar penulisnya. 

Saran, Anda bisa menerbitkan secara online terlebih dahulu untuk menguji market dan belajar menulis barulah diterbitkan secara ofline.

Jadi jangan heran jika Anda menemukan cerita saya di wattpad, facebook dan lainya masih berantakan dan cerita loncat-lontat. Itu memang sengaja saya lakukan kecuali typo yang memang sering lupa dan kadang gak sempat edit.

Paling tidak untuk pemula ini yang bisa Anda lakukan dan silahkan di coba. Namun untuk yang serius dan ingin karya layak jual maka masih ada langkah-langka berikutnya.

Jangan lupa ikuti blog ini agar mendapat notivikasi. Tiap sub bab cuplikan ini akan saya kupas satu persatu sedetail mungkin dan seringan mungkin.


Sedikit gambaran ada membunuh kata, membuat nilai dalam cerpen, kaya diksi dengan membebaskan kata dari makna, menentukan pov dan sebagainya. Sementara sampai di sini dan terimakasih.

Sumber; dokpri

4 comments for " Suka Menulis? Inilah Cara Mudah Menulis Cerpen, Cerbung dan Novel Online, No 1 Lupakan Aturan "

  1. Bermanfaat terimakasih tapi

    Tampilan Tulisannya terpotong di hp ku, apa hp nya ya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih ilmunya mas. Catet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktekan di sini, kalau bingung boleh tanya langsung di sini ya

      Delete