Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mama Muda Menulis, Inilah 5 Manfaat Punya Blog Sendiri, Apa Saja?

Belajar menulis di bloger Untuk Pemula



NgeblogYuk - Bagaimana cara mama muda menulis di bloger? Adalah memanfaatkan plaform blogspot atau wordpres. Atau Anda bisa beli domain sendiri.
Akan tetapi untuk pemula saya sarankan untuk memakai blogspot. Alasanya adalah karena sudah disediakan oleh pihak google sendiri.

Bagi yang belum punya blogger, Anda silahkan daftar dan buat blog  sendiri di blogspost. Sebenarnya menulis diblogger itu sangat mudah namun karena masih banyak yang bingung sering menjadi masalah.

Kenapa Menulis Blogger Whorth it untuk Pemula?


Seperti yang sudah saya singgung di atas, menulis di blogger alasannya adalah geratis dan bisa bebas berekspresi menjadi diri sendiri. Bukan tidak perlu belajar menulis di platform berbayar, tetap perlu untuk mencari pengalaman, menambah relasi dan meningkatkan skills. 

Hanya saja ikut platform berbayar milik perusahaan, Anda harus mengikuti semua rulesnya. Sehebat apapun nama seorang penulis di sebuah platform, tetap saja kariawan. 

Sementara belum dari nol lewat bloger, peluang karir Anda bisa menjadi CEO atau Bos. Paling tidak bisa menjadi Independen Bisnis Owner. 


Tentu saja ada proses yang meski dilewati, yaitu proses dan belajar. Paling tidak untuk pemula bisa menguasi menulis dan memanfaatkan fitur-fiturnya dengan tepat dan posting.

Sedangkan masalah lain bisa dipelajari sambil jalan. 


Bagi teman-teman yang belum punya blog silahkan buat bloger di blogsport. Buat catatan, Anda tidak usah buru-buru beli domain sebelum blog itu layak. Paling tidak mulai banyak pengunjungnya.

Untuk strateginya akan saya bahas pada ulasan berikutnya. Kali ini akan saya beri sedikit gambaran bagaiman menghasilkan uang dari blog.

1. Peluang  Bisnis Menulis dan  Blogging 


Sebuah blog yang ramai pengunjung atau tinggi trafiknya, Anda  bisa menciptakan peluang usaha dan bisnis. Seperti olshop, bisnis menulis, investasi karya berharga, afiliasi, jualan dan masih banyak lagi keuntungannya. 

Bagi teman-teman yang olshop atau jualan buku, Anda bisa menjadikan bloger untuk promosi bisnis Anda. Saat ada pembeli maka akan dapat penghasilan dari situ.


2.  Hobi Produktif dan Investasi Karya Berharga 


Bagi Anda yang suka menulis, bisa Anda tuangkan tulisan itu pada bloger. Anggap blog seperti buku catatan atau tempat Anda menyapa dunia lewat online. 

Misalnya suka menulis cerpen, kemudian membuat blog kumpulan cerpen, dibangun trafiknya dari monetezi. Otomatis akan memiliki Passive Income. 

Ngeblog bisa menjadi cara mudah untuk melakukan investasi karya. Seperti yang saya lakukan ini, dari pengalaman pribadi saya simpan di blog dan ternyata banyak yang baca. 

Akhirnya menjadi produktif dan menghasilkan. Hobi tersalurkan, produktifas juga meningkat. 

Saran jangan buru-buru mikirin hasil, fokus saja pada sesuatu yang punya value dan dibutuhkan. Nikmati prosesnya dan tunggu menunggu panen. 


3. Media Promosi dan Branding 




Membangun braded diri tidak bisa seperti membuat mie instan. Siram air siap saji. Branded dibangun perlu waktu, proses dan strategi yang tepat. 

Melalui blog bisa melakukan riset, kemudian bisa menjadi wadah untuk promosi dan branding. 

Walaupun bukan branding, paling tidak bisa menjadi penghubung banyak audience dan prospek.  Salah satu kelebihan blog adalah bisa di bangun trafiknya. Sehingga bisa menjangkau lebih luas. 

4. Membangun  Passive Income 


Bagaimana mendapatkan penghasilan? Adalah semua orang akan menjawab pasti kerja. Lantas bagaimana jika sakit atau ada musibah? Tidak bisa bekerja dan penghasilan berhenti. 

Lewat ngeblog Anda bisa membangun Passive Income. Seperti yang sudah saya lakukan beberapa tahun belakangan ini. 

Sambil kerja di dunia nyata, juga punya Passive Income dari bloger. Salah satunya adalah melakukan membangun trafik dan monetezi. 

5.  Menyampaikan Pesan pada Dunia


Layanan google itu terhubung global, ini juga merupakan pintu masuk bagi Anda untuk menyampaikan pesan pada dunia. 

Tidak semua hal harus melulu soal uang, akan tetapi juga kepuasan batin dan diakui eksistensinya.

Berbagi informasi, menyapa dunia dan eksis terkoneksi juga penting. Apalagi era now? Digitalisasi kemajuan begitu pesat dan sulit terbendung. 

Sementara bagi yang ingin keduanya, kenyang lahir dan batin. Maka lewat pesan bisa membuat sistem uang yang bekerja pada Anda. 


Sederhanya adalah buatlah karya Anda sebaik mungkin dan tuangkan di blog. Ada dua cara membesarkan blog, yaitu dengan berbayar dan membangun secara alamiah.

Kedua-duanya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan berbayar otomatis membutuhkan modal namun belum tentu blog atau web Anda besar.

Alasanya sudah banyak orang punya web dan blog yang besar. Berbeda dengan blog yang dibangun secara alamiah, karena pengunjung blog yang baca mereka terbangun atas kepercayaan dan hati.

Kelemahanya membangun secara alamiah adalah butuh proses panjang dan lumayan melelahkan. Semua itu tidak akan berarti apa-apa jika menulis adalah hobi Anda.

Sederhanya begini, Anda menulis di febe tanpa bayar pun rela. Sedangkan itu berlansgung bertahun-tahun. Anda bisa melihat blog ini yang sengaja saya tidak beli domain khusus sebelum blog ini benar-benar besar.

Alasanya karena saya ingin pengunjung datang karena ada hati dan mengundang teman-teman penulis lain membangun blog ini dari nol.


Alhamdulillah sudah punya Adsense dan blog ini sudah saya daftarkan. Tinggal memperbaiki beberapa tampilan blog.

Apa saja dasar yang harus dimiliki seorang bloger tunggu saja ulasan berikutnya. Kita akan uraikan satu-persatu dengan detail dan memakai youtube agar mudah paham.

Belajar bersama bisa dan terima kasih.

3 comments for "Mama Muda Menulis, Inilah 5 Manfaat Punya Blog Sendiri, Apa Saja?"