Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Stay di Rumah? Inilah 5 Langkah Mudah Mama Muda tetap Produktif Menjadi Seorang Blogger

Mama Muda jika bisa bekerja dari rumah aja kenapa tidak? 



Belajar Ngeblog - Siapa menjadi Mama Muda atau ibu rumah tangga tidak bisa produktif? Buktinya sudah banyak tuh yang tetap bisa mendapatkan penghasilan lewat internet salah satunya menjadi seorang blogger.

Memang sih sebenarnya sudah tidak asing dengan seorang bloger permasalahan utamanya adalah malas belajar dan tidak mau tau. Saya tau Anda akan ngeles bahwa tidak malas cuma gaptek.

Oke sepintas alasan itu terlihat benar walaupun sangat kliese dan umum, lain kali kalau mau cari alasan coba yang agak kreatif sedikit gitu he he.


Oke tidak perlu menagis apalagi sampai guling-guling, kalau memeluk guling sih boleh saja Langsung saja.

Stay di Rumah? Inilah 5 Langkah Mudah Mama Muda tetap Produktif Menjadi Seorang Blogger



(Ilustrasi Mama Muda Kaya) 

(Kabar gembira, Blogger 2020 sudah menggunakan tampilan tatap muka/ jadi lebih gampang baik lewat pc atau smartphone) 


1. Daftar Blogger


Caranya pun sangat mudah silahkan disini klik Daftar, cukup dengan akun G mail Anda. Kemudian lengkapi semua data sesuai panduan.

Jangan lupa dilengkapi semua standar bloger, mulai dari memilih temple, navigasi yang mudah dipahami, lengkapi seperti aboutme, disclaimer, contact, Pripaci Policy dan  Sitemap. 

Lebih jelasnya ikutin panduan google, silahkan searching.  Untuk temlate gunakan saja dulu yang disediakan blogger. 

Jika sudah mulai paham ngeblog dan produktif, baru bisa beli temlate sesuai kebutuhan blog atau website. 


2. Mulai Menulis Konten Pilar Aja Dulu 

 
Anda bisa menulis apa saja sesuai hobi, akan tetapi saran saya menulislah satu kategori dulu atau satu niche. Usahakan membuat tulisan original, menarik dan fresh.


Agar konten bisa selalu relevan dari waktu ke waktu dan selalu dibutuhkan pembaca. Maka bagi pemula sangat whorth it membuat konten pilar. 

Hal yang harus diperhatikan adalah usahakan memahami format menulis. Seperti judul, kata kueri, thumnail, lead paragraf pertama, isi, lead paragraf penutup dan sumber referensi. 

Penulisan judul, riset keyword akan dibahas berikutnya. Menulis aja dulu, perbaiki kemudian sambil jalan pelan-pelan. 

Saran silahkan masuk ke komunitas-komunitas blogger baik di media sosial atau kelas online WAG.  Anda bisa sharing dan diskusi. 



3. Posting Konten dan Mulai Kenalkan Karya 


Sebelum tulisan ditayangkan di blog, pastikan tulisan sudah siap saji. Usahakan tulisan rata-rara minimal seribu kata. Bisa menggunakan format menulis  listicle dan format menulis esai. 

Agar blog Anda  mudah berkembang, menulislah sesuatu informasi yang bermanfaat dan tidak mudah 'basi' seperti konten pilar dan fokus satu niche. 

Bukan tidak boleh membuat konten gado-gado, hanya bagi pemula agar cepat berkembang satu niche lebih baik. Selain itu juga akan memudahkan mengatur navigasi tampilan blog.


4. Bagikan di Medsos dan Bagun SEO 
 

Bagikan konten Anda di media sosial lain seperti facebook, twitter, pinterest, dan sebagainya.

Agar Kontenmu banyak ditemukan pembaca bangun trafik blogmu. Trafik dalam blog ibarat darah, tidak bisa terpisahkan.

Membahas membangun trafik dari pengalaman saya paling tidak ada dua cara secara umum. Yaitu SEO dan Kolam Audeint.

Membangun SEO di google, yahoo, baidu dan yandek. Minimal SEO di google. Sedangkan kolam audience media sosial di facebook, pintersest, twitter, telegram, weheartit, linkendin dan seterusnya. Lebih jelasnya, Anda bisa masuk ke forum trafik pada blog ini.

 


5. Monetisasi Adsense untuk Menghasilkan 


Setelah minimal ada 10 postingan konten pilar diblog, trafik organik blog sudah jadi atau bahasa sederhana sudah banyak pembaca maka bisa lakukan monetezi.


Caranya 'pun mudah, Anda bisa langsung disini Daftar Ansense, kemudian lengkapi semua datanya. Untuk lebih jelas akan dibahas pada artikel berikutnya.

Poin pentingnya adalah Anda sudah punya bloger yang isi konten berupa banyak informasi, jujur dan terpercaya. Ini sangat penting, jangan karena mengejar viral dan dapat monetisasi Andsense Anda belaku curang.

Kedepannya akan sangat merugikan Anda sendiri. Sederhaya adalah jadikan blogger catatan harian atau mingguan. Karena itu buat konten yang berisi banyak informasi dan jujur.


Kenapa harus jujur dan sesuai bahasa Anda sendiri? Adalah untuk membangun kepercayaan pembaca. Di google kelemahanya adalah orang bisa copy paste dengan mudah, akan tetapi jika informasi tidak dapat dipercaya orang tetap tidak akan mau berkunjung ke blogger Anda.

Beda halnya jika informasi itu dapat dipercaya maka secara alamiah akan banyak orang mencarinya. Tentu ada harga yang harus dibayar yaitu prosesnya.

Anda jangan buru-buru beli domain sebelum memastikan bloger Anda sudah besar dan banyak memuat informasi. Jika sudah merasa layak dan banyak pengunjungnya dan yang paling penting sudah bisa terverivikasi oleh Adsense barulah dilejitkan dengan menggunakan media promosi.

Untuk ini akan saya bahas diberikutnya. Sederhananya Anda sudah punya bloger yang bagus dulu.

Tambahan akun Adsense bukan hanya bisa digunakan pada bloger saja tapi bisa pada You Tube. Bahkan beragampilihannya untuk monetezi.

Anda bisa menulis apa saja, termasuk promosi bisnis. Jadi bagi para mama muda yang jualan online sangat rekomendasi memiliki blogger sendiri.


Anda bisa berbagi pengalaman dan informasi atau membuat catatan untuk Anda sendiri. Tujuanya agar dari catatan itu menjadi bahan evaluasi bisnis Anda.

Bagi yang suka nyetatus, puisi, prosa, menulis cerpen, cerbung atau karya fiksi dan non Fiksi, Anda bisa menyimpanya di blogger. Dari pada memenuhi ram hape kan lebih bagus tersimpan digoogle.


Apa kelebihan menulis di Blogger dari pada sekedar di medsos?







Adalah jika Anda hanya menulis dan memposting di medsos, pembaca hanya satu atau berapa hari. Jika sekali posting sepi pembaca, selanjutnya tidak ada yang baca. Sementara di blogger, Anda bisa menjangkau banyak pembaca dengan mengunakan SEO, JEO, Kolam Auidience, Black Link dan sebagainya.


Selain itu, memposting di blogger karya atau tulisan bisa menghasilkan uang melalui monetezi, bisa menjadi investasi jangka panjang untuk nanam pohon duit, membuat branded karena menulis di "rumah sendiri bukan numpang platform lain."


Melalui ngeblog Anda bisa menjangkau pembaca dari seluruh dunia, bukan hanya satu komunitas dan negara, tapi go international atau global.


Melalui ngeblog Anda bisa bekerja dari rumah saja, sangat worth it untuk Mama Muda. Tetap bisa mengurus anak-anak dan suami akan tetapi punya penghasilan sendiri. Bahkan jika ditekuni dengan serius bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.


Melalui ngeblog, Anda bisa membuat website sendiri. Semisal visitor organik blog tinggi, tinggal membeli domain, hosting. Kemudian bisa juga membuat aplikasi atau platform sendiri.


Melalui ngeblog, Anda tetap bisa berkarir jangka panjang dengan dikerjakan dari rumah dan masih banyak lagi.

Tips-tips menghasilakn dolar selain dari Adsense akan ada pada konten-konten berikutnya. Jangan lupa ikuti dan komentarnya. Belajar bersama bisa dan terimakasih.

1 comment for "Stay di Rumah? Inilah 5 Langkah Mudah Mama Muda tetap Produktif Menjadi Seorang Blogger"

  1. Artikelnya sangat membantu sekali. Saya seorang pemula yang baru mulai belajar blogger. Tapi sempat down karena banyak yang gak ke detect di google.
    Kalo sempat coba berkunjung ke blogger saya ya .. coba diintip apakah sudah bener tentang artikel saya .. soalnya saya seorg single parent jadi ingin mendapatkan penghasilan sampingan.
    ini : https://maps.google.com.ng/url?q=https://id.pinterest.com/cherry3ugene/_saved/
    https://maps.google.com.ng/url?q=https://liputancherry.blogspot.com/

    ReplyDelete