Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Menjadi Penulis Copywriter dan Kurasi Konten, Berani Coba?

Belajar Menjadi Penulis  Copy Writter  dan Kurasi Konten 



Apa sih itu content creator? Adalah secara sederhana membuat content baik teks, gambar, audio dan video untuk dibagikan secara daring atau online.

Saat ini yang paling hits menjadi konten creator ada ; beberapa, yaitu teks, gambar dan vidio atau menggabungkan semuanya.

Sementara konten kreator yang lebih fokus pada menulis atau teks, Whorth it untuk menjadi Copy Writer dan Kurasi Konten. 

Apa Itu Konten Kreator Writer? 


Writer artinya menulis ide atau gagasan milik orang lain atau media, bukan idenya sendiri. Sementara author adalah yang menulis ide dan gagasan ide sendiri. 


Walaupun seorang writer bukan menulis dari ide dan gagasan sendiri. Bukan berarti bisa asal comot, harus ada skills yang dikuasai. 


Cara paling  paling mudah berkembang menjadi konten creator adalah sebagai berikut;


Menjadi Copywriter


Apakah Anda pernah mendengar tentang profesi sebagai copywriting atau copywriter ? Adalah profesi ; yang paling banyak dikerjakan oleh para penulis oline seperti bloger, Kaskus Kreator dan berbagai media berbayar lainnya.


Profesi ini termasuk golongan non konvensional dan kabar kerennya belum begitu banyak diketahui khalayak luas. Mungkin Anda sering mendengarnya, namun belum paham apa itu copywriter?


Taukah Anda, prospek pekerjaan ini cukup menjanjikan loh di masa depan. Bukan hanya akan memiliki passive income. Profesi ini juga, tidak bisa digantikan oleh robot, karena memang sebuah kretivitas tanpa batas. Apa sih sebenarnya  deskripsi pekerjaan ini?

Mengenal Profesi Copywriter dan Job Deksripsinya



Jadi, sebelum membahas tentang profesinya, maka kita mengulas dulu tentang pengertian dari kegiatan copywriting. “Copy” berasal dari bahasa Inggris yang memiliki makna luas, namun untuk konten ini berarti “Teks / Frasa / Kata” dan “Writing” tetap berarti harfiah “Menulis”. Secara sederhana, copywriting bermakna menulis frasa.

Sungguh'pun demikian, yang dituliskan bukan sembarangan konten, melainkan hal-hal yang berkaitan dengan suatu produk untuk dimanfaatkan sebagai metode promosi. Dengan kata lain, copywriter merupakan profesi seseorang yang menghasilkan sebuah konten persuasi dengan tujuan akhir mendapatkan konsumen baru. Tentu saja, konten yang dihasilkan berbentuk tulisan, contohnya slogan dan artikel.

Apa sih fungsi seorang penulis Copywriter  seperti itu?


Membuat atau menciptakan sebuah konten yang berkaitan erat dengan produk atau jasa yang ditawarkan untuk kemudian dirilis untuk publik. Berusaha membujuk calon konsumen melalui karya tulis yang dibuatnya. Semisal teknik menulis Story Telling

Begitu juga menciptakan branding untuk merek bersangkutan agar lebih mudah diingat oleh masyarakat luas. Baik branding untuk personal ataupun sebuah perusahaan


Apa sih Jenis Karya yang Harus  Dikuasai Seorang Copywriter?


Adalah seperti apa bentuk tulisan yang harus dihasilkan oleh seorang copywriter? Variasinya tidak terlalu banyak, namun secara umum tetap berbentuk frasa :


1. Slogan / Jargon

Anda pasti pernah mendengar kalimat promosi populer seperti :

Berbagi Hoby, Berkomunitas
Yang Penting Hapy
Traveloka Dulu, Baru Bayar Kemudian

Paham 'kan? Itulah kalimat-kalimat  seperti iyang disebut dengan slogan atau jargon. Seorang copywriter yang baik wajib memiliki keterampilan menciptakan jargon kekinian untuk sebuah merek dagang. Slogan tersebut harus mudah diingat oleh konsumen sekaligus membuatnya terngiang-ngiang di benak mereka.

2. Menulis  Artikel

Ya seperti yang sudah kita lakukan selama ini di bbb, bukan hanya belajar fiksi, salah satunya juga belajar menulis artikel. Tentu saja profesi penulis artikel biasa dengan khusus copywriter berbeda. Jika penulis artikel reguler wajib memiliki wawasan yang luas sebagai bahan artikel yang ditulisnya.

Enaknya, copywriter hanya perlu fokus pada produk atau jasa yang ditawarkan. Gak pakai repot 'kan? Sungguhpun begitu, paling tidak  ada dua jenis artikel yang harus di kuasai dan dimengerti  oleh seorang copywriter agar bisa lebih propesional. Emm apa itu?

Pertama Artikel Soft-selling  - Adalah semi informatif yang 80%-nya memuat informasi umum, sedangkan 20%-nya menawarkan produk tanpa disadari oleh pembaca. Teknik ini lebih hits dikenal dengan gaya menulis story telling

Kelemahan teknik ini tetap memiliki aturan di mana topik yang dibahas tidak boleh melenceng dari produk yang ditawarkan.

Kedua Artikel hard-selling Adalah konten tertulis yang sejak awal menawarkan produk atau jasa secara terang-terangan. Artikel hard-selling juga membutuhkan keterampilan agar calon konsumen tidak merasa bosan dengan promosi tersebut.

3. Caption Sosial Media

Percaya ataupun tidak, job deskripsi lainnya untuk seorang copywriter adalah dengan memberi caption pada unggahan yang hendak dirilis di jejaring sosial klien. Mereka bertugas untuk memberikan caption terbaik yang dapat menciptakan kekaguman, keharuan, kebahagiaan, hingga kontroversi bagi pengguna sosial media.

Menjadi Writer Kurasi Konten 


Copy Writing dan Kurasi Konten walaupun mirip akan tetapi berbeda. Perbedaan Kurasi Konten adalah seorang writer melakukan penulisan ulang dari media atau berita pada suatu platform berbayar atau blog milik sendiri. 

Ada banyak teknik dan tips untuk melakukan Kurasi Konten seperti yang pernah saya lakukan  Kaskus Kreator dan blogger. Ikuti forum belajar menulis artikel agar tidak ketinggalan informasi selanjutnya. 

Industri  Kurasi Konten ini sangat whorth it untuk kamu yang memang ingin punya Passion sebagai penulis artikel dan copywriting.

Bahkan jika mendapatkan sponsor masuk seperti yang saya dan vivo, profit lumayan. Demikian menulis bukan lagi sekedar hobi melainkan pekerjaan. 

Bagaimana sahabat Bebebs, minat minjadi Copywriting? Bagi Anda yang ingin mereview sebuah produk, atau sponsor,  harus belajar Copywriting.

Punya pendapat lain? Yuk diskusikan di sini aja. Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih.


Post a Comment for "Cara Mudah Menjadi Penulis Copywriter dan Kurasi Konten, Berani Coba? "