Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mau Lihai Menulis Judul? Kuasai Dasarnya Ini, Catat!

Belajar Menulis Artikel dan Kurasi Konten



Kamu udah merasa pinter menulis judul? Atau justru malah bingung tidak tau haru dari mana. Suka-tidak suka, jika kamu ingin beneran bisa sukses di industri menulis maka penting menguasai dararnya. Begitu juga para pemula yang sekedar hepi-hapi atau menulis hanya hobi, tidak ada salahnya menguasi kunci dasar ini.

Secara hukum alam bayi lahir selalu dimulai dari kepala, baru berikutnya menyusul. Demikian juga dalam menulis yang baik dan menarik. 

Membuat Sugesti Judul yang Memikat 


Ide didalam minda sudah berputar-putar namun juga bingung harus mulai menulis dari mana atau sedang mencari ide. Langkah dasar yang harus dilakukan adalah membuat sugesti judul. 

Pengalaman saya menulis sponsor vivo dan sebagainya. Clien biasanya meminta sepuluh sugesti judul dari satu artikel atau thread. 

Lewat sepuluh sugesti judul ini akan dipilih salah satu yang paling memikat dan sesuai konteks. 

Pengalaman saya ini bisa sahabat gunakan untuk belajar dari sekarang. Terkadang beberapa klien mereka meminta dadakan. Tentu bagi pemula akan sangat kesulitan. 

Berbeda jika dari awal belajar sudah menjadi budaya atau kebiasaan. Saat dibutuhkan, kapan saja siap. 

Dasar Menulis Judul yang Perlu Dikuasai 


Apa saja yang harus di persiapkan dan dipersiapkan dalam menulis judul? 

Tidak perlu bertele-tele, apalagi memakai baju parlente. Langsung saja; Mau Lihai Menulis Judul? Kuasai Dasarnya Ini, Catat! sebagai berikut;

1. Penulisan Judul tidak Dapat Mengandalkan Insting


Sahabat bbb mungkin masih ingat tentang yang sering saya katakan; Latihlah insting menulis melaui quotes? Ya itu benar, namun hanya berlaku untuk menyusun kalimat tapi tidak pada menulis judul.

Sebuah judul memang harus dipikirkan dulu sebelum di posting. Karena seperti sahabat bbb lihat, palatform apapun, selalu judul yang ditampilkan dulu. Judul memegang 50 % pembaca rela menbaca konten Anda.


Bahkan seorang penulis terkenal yang ahli dalam menulis judul juga tidak pernah mendapatkan inspirasi secara tiba-tiba dan berhasil menulis judul yang menggemparkan. Biasanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk menentukan sebuah judul artikel.

Kenyataannya, penulis pasti berpikir keras sambil melihat database judul dan juga artikel dari akun lainnya. Setiap asisten editor wajib memikirkan beberapa judul yang kemudian dikumpulkan dan dilakukan pemilihan suara untuk menentukan judul terpilih. Sebuah judul yang bagus tidak mungkin hanya mengandalkan insting, tetapi membutuhkan waktu, pengalaman, proses, percobaan dan bahkan uang.

2. Selalu Mulis judul dulu Sebelum Menulis Konten Artikel


Ingatlah untuk selalu membuat sketsa judul dulu, kemudian tanyakan kepada orang sekitar Anda apakah judul tersebut cukup menarik bagi mereka. Dengan menulis judul terlebih dahulu, Anda juga semakin jelas dengan isi dan tujuan dari artikel terrsebut, sehingga dapat menjaga konten tetap jelas dan tertata rapi.

3. Setengah dari Waktu Anda menulis artikel Harus Digunakan untuk Memikirkan Judul.


Kebiasan grusagrusu penulis dalam menentukan sebuah judul, masih sering terlihat. Apalagi para pemula yang baru masuk kedunia industri konten kreator. Tanda baca, penulisan juga asal posting. 


Sebelum kebiasaan itu jatuh terlalu jauh yang hingga akhirnya Anda tenggelam dan tersingkirkan dari kerasnya persaingan industri konten kreator. Dalam hal ini adalah menulis. Sebaiknya baca di bawah ini:

Sedikit tambahan, dalam industri periklanan, bahkan ada contoh kasus di mana seseorang menghabiskan waktu 1 minggu hanya untuk menulis judul dan 50 kata pembuka.

 Sosok legendaris dalam industri periklanan David Ogilvy bahkan pernah mengubah judul sampai dengan 104 kali.

Tentu saja kamu  tidak menghabiskan begitu banyak waktu untuk membuat judul, namun  perlu lebih memperhatikan dan juga menyisihkan lebih banyak waktu untuk menulis judul.
 
Simpelnya, berikan waktu sejenak untuk menulis judul.

Karena itu jangan pernah takut gagal mencoba dan mempertajam menulis judul. Karena dari judul teresebut menjadi ujung tombak karya. 

Bagaimana menurut sahabat Bebebs? Jika ada yang bingung jangan sungkan diskusikan di sini.  Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih. 

1 comment for "Mau Lihai Menulis Judul? Kuasai Dasarnya Ini, Catat! "

  1. Terima kasih atas ilmunya bang Bekti semakin bisa lagi menulis

    ReplyDelete