Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Suka Menulis? Inilah Cara Mudah Menghasilakan Uang di Wattpad

Tips  Menulis Produktif  di  Wattpad 


Banyak yang tanya, gimana sih menghasilkan uang dari wattpad? Setelah searcing di google, ternyata tidak ada satu jawaban yang benar-benar pasti. Kenapa itu terjadi? Salah satunya info yang dibaca itu tahun lalu.

 

Ya benar, wattpad ada program baru di tahun 2019 ini. Seperti penambahan fitur poin di tahun 2019. Sedangkan ditahun sebelumnya bukan belum ada, hanya belum masuk ke Indonesia. Adanya fitur baru ini tentu membawa kabar gembira untuk seluluh wattpad di tanah air.

Apa Kelebihan  Menulis di Wattpad? 


Sebelum saya masuk keulasan bagaimana menghasikan dari wattpad.  Maka penting paham terlebih dahulu, kenapa kok wattpad? Padahal banyak platform serupa. Berikut beberapa alasanya.

1. Pengguna Wattpad Sudah Mendunia


Platform yang menyedikan kemudahan untuk para penulis dan membaca ini memang sudah mendunia. Sederhanya sudah memiliki pasar yang sangat besar. Inilah kenapa banyak penulis yang ingin mengenalkan karyanya di wattpad.

2. Wattpad Handal di SEO Google 


Satu-satunya mesin pencarian tertua dan paling banyak di gunakan adalah google. Wattpad handal SEO-nya. Terbukti saya sendiri awalnya tidak begitu aktif di Wattpat, namun Cerbung yang saya tulis viewernya tumbuh setiap hari. Itupun hampir saya jarang saya bagikan kemedsos.

3. Fitur yang Mudah di Gunakan untuk Semua Pengguna


Tidak bisa disangkal, kenapa orang masih menggunakan Wattpad, meskipun tidak di bayar. Alasan sederhana lainya adalah karena fiturnya mudah untuk semua orang.

4. Banyak Karya dari Wattpad yang Masuk Best Seller dan Masuk Dapur Produksi Film


Hampir semua penulis impianya adalah karya bisa bess seller dan masuk dapur produksi Film. Inilah kenapa masih banyak yang loyal di Wattpad.

5. Bebas Berkarya


Bisa dikatakan inilah kelebihan dan sekaligus kekurangan di wattpad. Karena bebas, banyak penulis bebas berkarya di wattpad meski minim literasi. Bukan hanya itu, bahkan tidak sedikit yang karyanya tanda kutif atau negatif. Meskipun wattpad sepertinya terus memperbaiki hal itu.


Simplenya Wattpad pasar cukup menjanjikan untuk saat ini. Itulah kenapa, masih saja banyak penulis di wattpad. Terlebih penulis karya fiksi.


"Bagaimana sih  Menghasilkan uang dari Wattpad?"


Untuk menghasilkan uang dari Wattpad ada dua pilihan. Yaitu secara langsung dari wattpat dan secara tidak langsung. Mau tau apa mau banget?

1. Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Wattpad secara Langsung


Adalah secara langsung yaitu melalui platform wattpad  dengan menggunakan fitur koin. Dari pada penasaran, berikut penjelasan resmi dari wattpat yang saya terjemahkan dalam bahasa indonesia :

A. Publikasikan cerita Anda di Wattpad dan dapatkan uang untuk pekerjaan Anda.

Adalah cerita berbayar memungkinkan penulis melihat dukungan dari komunitas dan basis penggemar yang ada.

Pembaca dan penulis datang ke Wattpad untuk komunitas. Tidak seperti rumah penerbitan tradisional, Wattpad memungkinkan pembaca untuk terhubung dengan cara yang tidak terlihat di tempat lain. Pembaca tidak hanya membaca cerita, mereka membantu membentuknya.&

Cerita Berbayar adalah cara baru bagi penulis kami untuk terhubung dengan pembaca yang membantu mendukung pekerjaan mereka.


Perhatikan tulisan italic/miring tersebut. Itu adalah pernyataan resmi dari Wattpat. Secara sederhana diartikan, Anda tinggal menulis suka-suka di Wattpat.


Pertanyaanya: "Bagaimana cara memilih cerita untuk program?"

Jawaban Wattapad: Untuk saat ini, program Cerita Berbayar adalah hanya undangan.

Pakar editorial Wattpad telah bekerja dengan spesialis dari tim pembelajaran mesin DNA Story kami untuk memilih cerita dari berbagai genre yang kami yakin akan disukai pembaca kami. Pelatih editorial kami bekerja dengan penulis untuk memastikan kreativitas, komitmen, dan pekerjaan yang mereka curahkan ke dalam cerita dihargai.


Artinya yang bisa menghasilkan uang dari Wattpad langsung dari koin adalah untuk penulis yang mendapat undangan dari Wattpad.  Undangan itu biasanya mucul di Fitur Wattpad atau Watty. Story dari penulis yang mendapatkan undangan, kemudian disuruh mengisi data-data untuk dilengkapi. Biasanya ini dalam bentuk bahasa inggris.

Secara sederhanya, penulis diminta mengajukan review ke Wattapad. Saya sendiri dari 15 Story hanya ada dua yang di undang oleh Wattpat.

"Apakah semua yang diundang Wattpad bisa Lolos Review atau di Terima?"


Berikut jawaban Wattad:

a. Cerita kemudian dievaluasi oleh berbagai faktor:
Bercerita , atau kemampuan menangkap imajinasi pembaca dan membuat mereka terdorong. Karena orang-orang perlu dihubungkan ke sebuah cerita untuk membayar cerita itu.

b. Kualitas , atau kemampuan untuk menyusun kalimat yang mengalir bersama dan menyampaikan suara dan cerita Anda.

c. Orisinalitas atau kemampuan untuk menjadi berbeda dan berkesann

d. Kepribadian , atau kemampuan untuk menopang tuntutan program. Kami mengevaluasi apakah ini waktu yang tepat bagi seorang penulis untuk bergabung dengan program ini. Seseorang yang sering absen, seseorang yang mungkin merasa tidak nyaman dengan peran publik baru sebagai penulis bayaran, atau bahkan seseorang yang pembaruan terakhirnya adalah "memulai sekolah kedokteran!" Mungkin tidak cocok untuk persyaratan program saat ini.

e. Marketplace , atau slot apa yang kami miliki. Kami hanya memiliki begitu banyak ruang yang tersedia dan kami ingin memastikan kami tidak menahan keragaman untuk menambahkan setiap kisah yang mungkin kami sukai. Terkadang, kita harus membuat pilihan sulit.

f. Komunitas tau bagaimana Anda berperilaku di Wattpad. Ini harus jelas. Anda jelas harus mencintai komunitas dan senang berada di Wattpad

Itu adalah persyaratan yang bisa lolos review Wattpad atau diterima atau masuk ke Program Wattpad secara resmi. Jadi tidak semua cerita bisa lolos review? Jika tidak akan ada banyak karya copas yang bisa kaya mendadak dari Wattpad. Intinya sama memakai UU 13 Unieropa dalam hak cipta dan sebagainya.


"Lantas, Apa yang harus di lakukan untuk penulis Wattpad?"

Berikut jawaban Wattpad:

Asah keahlianmu

Penting bagi tim kami untuk mendukung penulis Wattpad dengan cara apa pun yang kami bisa. Itu sebabnya kami menambahkan program Cerita Berbayar ke jumlah program yang sudah tersedia untuk penulis. Apakah Anda suka menulis sebagai cara untuk mengeksplorasi kreativitas Anda atau sebagai peluang karier yang mengasyikkan, Wattpad adalah tempat untuk berbagi cerita Anda dengan komunitas global pecinta cerita. 

Intinya sama saja seperti di platform lain ya. Silahkan membuat karya yang orisinil, menarik dan diminati banyak pembaca. Anda tidak perlu belajar SEO dan sebagainya.

"Aduh Bang, pusing ane! Mudah sih mudah, tinggal nulis udah. Masalahnya prosesnya lama untuk dapat uang, Bang! Ada gak yang lebih cepat!" 

Adalah jawabanya sangat ada dan ini sering saya gunakan. Seperti apa ulasanya? Langsung masuk ke ulasan selanjutnya.

2. Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Wattpat secara Tidak Langsung


Adalah menyinergikan Wattpad dengan pihak lain atau ada sinergi. Berikut pilihanya

a. Menggunakan Platform Berbayar

Tulis karya Anda di platform berbayar, seperti Kaskus misalnya. Kemudian posting karya Wattpad.  Jangan lupa disinergikan. Langsung saja, berikut contohnya;

Tulis Karya Anda di Kaskus forum SFTH dulu baru di Wattpat. Semisal ada 35 Part di Kaskus, tulis 30 Part di Wattpad.  Kemudian arahkan pembaca Wattpad Anda masuk ke link Kaskus.Pembaca yang suka karya Anda pasti ingin terus membaca tulisan Anda sampai selesai. Dari sini pundi-pundi rupiah mengalir secara alami.

Penutup  dan  Kesimpulan 


Selain itu, Anda bisa menghubungkan akun kaskus ke wattpad, memposting thread kaskus ke penggemar wattpad. Jadi dengan memposting atau mebagikan link ke Kaskus ke Wattpad akan ada peluang besar penggemar Anda membaca thread di kaskus. Seperti apa caranya? Tunggu saja ulasan berikutanya dan jangan lupa bantu bagikan tulisan ini. Terimakasih.

Tambahan, lebih jelasanya, Anda bisa menemukan jawabanyan pada buku saya nanti kalau udah terbit bulan Oktober ini 2019. Insyaallah.

Post a Comment for "Suka Menulis? Inilah Cara Mudah Menghasilakan Uang di Wattpad"