Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Belajar Menulis Cerpen, Mengenal Pentigraf untuk Karya Fiksi Atau True Story

Belajar Menulis Fiksi : Cerpen  dan Cerbung 


Belajar Menulis Fiksi:  Pernah membaca pentigraf atau kumpulan pentigraf? Beberapa mungkin sudah tidak asing, sementara susah banyak yang bertanya-tanya.

Saat saya menjelaskan tentang membuat thread cerbung dan kumpulan cerpen atau kumcer, banyak yang belum paham tentang pentigraf. 

Selain dibuat thread, pentigraf bisa di buat dalam blog dan bisa menjadi investasi karya. 

Okey langsung saja, apa itu pentigraf? Adalah proses kreatif dalam menulis singkat dan menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk karya tulis tiga paragraf. Baik itu berupa karya fiksi, true story, fiksi dan segala turunannya.

Tentu saja ide ataupun gagasan bisa hadir dari mana saja. Misalnya saat mandi, jalan-jalan bersama keluarga, berpergian, hangout bersama teman bahkan bisa saja saat mau tidur atau mungkin saat menghitung pucuk-pucuk rambut.

Sepintas pentigraf memang terlihat seperti cerpen, flash fiction, cerita mini dan cerpen. Terutama dalam membuat outline pentigraf, Anda bisa menggunakan teknik cerpen atau semacamnya.

Sebenarnya materi ini sudah pernah ane ulas di Doripost, akan tetapi ini berbeda karena akan menjadi thread pentigraf dan blogger. Seperti biasa, sebelum melanjutkan jangan lupa subcribe dan silahkan gabung Chanel Telegram Belajar Menulis Novel Online

Oke,kalau sama kenapa beda? Mungkin itu yang sedang Gansis pikirkan. Yap benar, walaupun kesanya terlihat mirip akan tetapi tentu ada perbedaannya. 

Paling tidak dari nama saja sudah beda bukan? Tidak perlu panjang kali lebar, sebelum mulai menulis pentigraf, yuk pahami dulu tentang pentigraf berikut penjelasanya;

1. Pentigraf Terdiri dari Tiga Paragraf


Sesuai namanya petikan tiga paragraf atau juga dikenal cerpen tiga paragraf. Apapun itu namanya, yang membedakan pentigraf dengan karya lain adalah tajuk ini terdiri dari tiga paragraf. Berbeda dengan cerpen, story, yang bebas banyak paragraf atau flash fiktion, di mana hanya rangkaian kalimat singkat dan padat saja. 

Gabung Komunitas 



2. Minim Dialog


Dalam menulis pentigraf memang lebih didominasi narasi ataupun deskripsi yang kompleks dan tidak bertele-tele. Dan memang harus ada kalimat dialog, paling tidak dialog deskripsi harus ada.

Inilah yang membedakan antara pentigraf dengan karya lain, misalnya story atau curahan hati. Semoga paham dengan penjelasan sederhana ini.

3. Cerita Utuh

Bisa dikatakan pentigraf adalah cerpen singkat, bahkan ada yang bilang novel singkat. Yaitu penulisan cerita minim dialog, banyak narasi dan cerita utuh. Sederhananya adalah Anda menulis cerpen hanya tiga paragraf saja.

Agar mudah memahami silahkan pelajari contoh berikut ini:

Contoh : 
Malam Pertama Pernikahan Kedua


Seperti apa kehidupan ranjang wanita yang menjalani pernikahan kedua? Cemas karena tubuh tidak seindah dulu? Lebih deg-dengkan atau lebih pede? Malam pertama sebagai momen tidak terlupakan, bagi Alena jantungnya berdegub dua kali lebih kencang seperti genderang mau perang.

“Setelah melahirkan Dita, perutku sudah tidak rata lagi. Ngeri kalau membayangkan Bang Urya memandangku seperti dulu. Matikan saja lampunya, Bang!” Alena nyengir kuda sembari menunjukan sembulan lemak perut dibalik lingerie berwarna maroon.

Setelah terpisah dua puluh tahun lebih, kini Alena telah resmi menjadi istri syah ke tiga Urya. Baik secara hukum agama dan hukum negara. Cinta yang dibasuh air mata darah itu kini berbuah indah. Malam itu mereka terbang membumbung tinggi melintasi sembilan samudra dalam gelap menuju fajar.

***
Bagaimana contoh di atas mudah ‘bukan? Sebenarnya dari tiga paragraf tersebut masih bisa Anda kembangkan menjadi cerpen. Paling tidak ditulis seribu hingga seribu lima ratus kata.

Dalam paragraf pertama pada contoh, itu langsung klimaks. Yaitu permasalahan bagi wanita yang menjalani pernikahan kedua. Sebenarnya masih bisa dikembangkan lagi seperti, acara resepsi, pemilihan gaun pengantin dan lain-lain. Jika itu ingin ditulis menjadi cerpen.

Kelebihan pentigraf adalah cerita utuh, padat dan langsung mengena. Itulah kenapa sekarang menjadi ramai diperbincangkan oleh banyak penulis fiksi, terutama menulis dimedsos dan blogger.

Jika ada yang belum paham, silahkan tanyakan di kolom komentar ya.

Persiapan Membuat Thread Kumpulan Pentigraf untuk Menulis di Kaskus Kreator 

Peratama sediakan thumbail atau foto ilustrasi dan tulisan dua atau tiga pentigraf. Kira-kira sampai 4000 karakter. Karena kalau hanya satu pentigraf, otomatis tidak akan lolos review di kaskus karena kurang dari 2000 karakter.

Saran buat tiga pentigraf dulu.

Setelah siap, langsung posting seperti biasanya dan jangan lupa langsung pejwan dikomentari sendiri paling tidak 3 Post.

Saran 5 post, post #2 isi untuk indek link nantinya. Sedangkan post tiga-empat isi pentigraf atau bisa kutipan atau sesuatu yang dibutuhkan agar tampilan thread menarik.

Untuk manjangin thread, menunggu dapat PM dulu. Baru dipanjangin. Selanjutnya kumpulin Pentigraf Gansis pada thread tersebut dan kumpulin poinnya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Persiapan Menulis Pentigraf untuk Blogger 

Sebenarnya kurang lebih hampir sama seperti di kaskus, perbedaannya jika untuk blogger kamu lebih bebas. 

Sunggpun demikian, agar cepat terindeks google, satu postingan bisa berisi dua atau tiga pentigraf. 

Secara sederhana, satu postingan bloger berisi tiga judul pentigraf.  Satu blog bisa dengan niche pentigraf semuanya. Tinggal dikembangkan labelnya seperti romantis, teen, horor, fiction dan segala turunannya. 

Sering saya melihat postingan pentigraf di facebook, sayangnya karya itu berceceran, coba dikumpulkan maka bisa menjadi investasi karya dan memudahkan pembaca. 

Lewat ngeblog kamu bisa melatih menulis, jika karya banyak peminatnya bisa dibuat novel antologi milikmu sendiri. 

Bagi yang suka menulis novel, bisa merapat Belajar Menulis Novel 


Bagaimana menurut sahabat Bebeb punya pertanyaan? Silahkan diskusikan di komentar ya.

Post a Comment for "Belajar Menulis Cerpen, Mengenal Pentigraf untuk Karya Fiksi Atau True Story"