Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Langkah Membuat Judul Novel yang Menarik dan Memikat, No 1 Sugesti Judul

Belajar Menulis dan Membuat Novel Online yang Menarik


Belajar Menulis Novel - pentingnya belajar menulis judul novel? Adalah setengah dari cerita novel tersebut terletak pada kekuatan judul. Bahkan beberapa produser film berani membeli judul tanpa membaca naskah novel. Begitu dahsyatnya kekuatan judul ini.

Kebiasaan sebagain besar penulis suka membuat judul setelah tulisan selesai. Apakah itu sudah benar atau justru malah cara yang salah?

Sebelum membahas itu, sebut saja Bumi dan Manusia, Dilan, Layar Terkembang dan masih banyak judul novel yang sangat familiar di ingatan pembaca hingga sekarang. Walaupun beberapa mungkin belum pernah membaca novel tersebut.

Masalahnya, banyak penulis pemula masih menganggap remeh akan sebuah judul. Sebelum semakin fatal, silahkan dirubah cara belajar menulisnya.

Saat diskusi dengan para penulis digrup banyak sekali yang mengeluh masalah menulis sebuah judul baik dan benar. Banyak teman penulis dan pegiat lerterasi membagikan teori dan tekniknya. Tentu saha berbeda-beda. 

Sebenarnya tidak masalah dan memang seperti itu dunia menulis. Perbedaan adalah keindahan. Kendati demikian untuk sebagian penulis khusunya pemula justru membikin kunang-kunang dalam minda. 

Oleh karena itu saya bagikan tips yang biasanya saya gunakan. Semoga bisa menambah wawasan dan menemukan solusi saat menulis judul novel. 


Yuk semangat! Langsung saja, Belajar 5 Langkah Cepat  Membuat Judul Novel yang Menarik dan Memikat? Sebagai berikut:

1. Membuat Sugestion Judul



Kenapa membuat sugesti judul? Adalah untuk memudahkan dalam memilih judul yang menarik dan sesuai dengan tulisan. 

Begini cara melihatnya, penulis pemula biasanya menulis judul belakangan setelah tulisan selesai. Tidak salah sih, hanya kurang sehat dan logis untuk membangun kebiasaan sukses. 

Bayi lahir umumnya kepala dulu yang keluar baru diikuti lainya. Begitu juga dengan sebuah karya, judul ibarat adalah sebuah kepala. 

Judul sendiri merupakan salah satu senjata utama, apakah orang akan mau membaca or not. 

Pengalaman saya menulis untuk seponsor seperti vivo dan sebagainya,  sebelum thread tayang, mereka selalu meminta 10 sugesti judul.

Begitu juga dengan menentukan sebuah judul novel online atau ofline .

Buat pilihan paling tidak lima hingga sepuluh judul. Tulis aja di kertas atau word untuk sugestion judul ini.
   

2. Melakukan Riset Judul


Kamu bisa melakukan pengamatan di platform di tempat akan menulis novel online. Perhatikan judul seperti apa yang paling banyak peminatnya.

Kemudian bisa bertanya pada teman yang bisa di percaya atau paham dengan literasi. Secara terpisah kamu juga bertanya pada pembaca awam yang belum paham dengan literasi.

Kumpulkan hasil riset tersebut untuk menjadi pertimbangan menulis judul novel yang ingin kamu buat.

3. Melakukan Pengujian Judul Lewat Voting


Posting beberapa sugesti judul di media sosial kamu seperti facebook. Kemudian minta teman-teman untuk bantu memilih sebuah judul tersebut.

Hal seperti itu sering saya lakukan. Perlu diketahui, voting terbanyak bukan berarti harus itu pilihannya.

 
Perhatikan juga hasil riset, genre novel, platform tempat menulis dan alur cerita yang akan ditulis.

Adakalanya dari kritik dan saran orang lain, kita bisa memilih judul yang tepat dan menarik sesuai karya yang akan dibuat.    


4. Gunakan Insting Menulis untuk Memilih Judul


Salah satu metode belajar di Belajar Bersama Bisa Comunity adalah memanfaatkan menulis kutipan atau quotes atau cuitan untuk melatih insting menulis.

Insting adalah sesuatu yang alamiah dan sebuah kepekaan intuisi penulis itu sendiri. Semakin sering dilatih, maka semakin tajam insting menulisnya.

Apakah kamu termasuk penulis yang peka atau tidak? Di sinilah ujiannya. Hasilnya adalah apakah karya diminati oleh banyak pembaca or not. 

5. Aksi dan Langsung Menulis Judul


Gerak Aja Dulu Yang Lain Menyusul! Terkadang kita tidak harus berlama-lama menentukan sebuah judul, langsung aksi menulis, kenapa?

Adalah jika terlalu lama mikir, takut salah, takut kurang menarik namun tidak aksi, bagaimana kamu akan tau judul itu bagus atau tidak?


Berdasarkan pengalaman saya membina bbb, mayoritas penulis pemula itu minder dan malu. Sehingga terlalu lama aksi, akhirnya tidak jadi menulis.

Olehnya, tidak perlu minder, salah itu bukan untuk ditakuti. Salah itu untuk diperbaiki. Paham 'kan?

Sebagai tambahan, analogi sebuah judul novel online atau offline juga sangat penting. Judul dengan isi cerita novel harus nyambung atau sesuai.

"Bagaimana cara membuat opening novel yang menarik?" 

Tunggu saja materi selanjutnya ya. Semoga ada waktu longgar untuk saya menulis khusus membahas tentang Belajar Menulis Novel Online dan Offline di sini.

Terakhir, jika blog ini ada manfaatnya. Boleh dibagikan atau punya pertanyaan? Silahkan diskusikan di komentar. Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih.

2 comments for "5 Langkah Membuat Judul Novel yang Menarik dan Memikat, No 1 Sugesti Judul "