Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Belajar Membuat Novel Online di Kaskus Kreator, Berani Coba?

Belajar Menulis dan Membuat Novel Online 



Novel Online- Bagaimana caranya membuat novel online di Kaskus Kreator? Adalah membuat novel dalam bentuk thread. Apa itu? Yuk silahkan merapat! 

Sebelum memasuki teknik menulis novel online, terlebih dahulu mengenal macam-macam platform digitital agar bisa produktif dan menghasilkan uang. Apa saja itu? Silahkan baca ulasan sebelumynya ; Platform Digital yang Terbukti Membayar Penulis. 

Seperti biasanya, Langsung saja, Belajar Membuat Novel Online di Kaskus Kreator, Berani Coba? Sebagai berikut : 

1. Daftar Kaskus Kreator 

Bagaimana cara daftar Kaskus Kreator? Baca Panduanya DI SIN. Kamu bisa daftar lewat brwoser atau aplikasi, kemudian membuat minimal satu trhread dan memberikan lima komentar yang berbeda. Baru daftar kaskus kreator.  Tunggu 1- 3 hari jam kerja sampai diterima menjadi kaskus kreator. 


2. Tulis Naskah Novel Secara Ofline 

Tulis naskah novel tersebut mulai dari sinopsis, prolog hingga  paling tidak 5 part atau bagian. Simpan di word atau aplikasi serupa yang penting ofline.  Jika tulisanmu sudah pernah posting di facebook atau media lain, sebaiknya dihapus dan tunggu 14 hari baru bisa dipindah ke kaskus. 

Perlu diketahui, agar karyamu lolos review di Kaskus harus orisinil dan terhindar dari plagial ringan. Apa itu plagiat ringan? Adalah karya sendiri yang sudah pernah diposting pada platform lain, kemudian di posting ulang. Hal seperti itu tidak akan lolos review.



3. Siapkan Sampul Novel dan Ilustrasi Tokoh 

Kamu bisa mengambil foto atau gambar ilustrai yang bebas hak cipta atau membuat sendiri menggunakan aplikasi Canva atau aplikasi sejenis. Simpan dan siapkan semua gambar atau foto yang dibutuhkan. 

Refrensi ambil gambar bisa dari pixbay, pinters dan sebagainya.  Pilih ilustrasi sesuai cerita yang dibuat. 

4. Membuat Novel Online Dalam Bentuk Thread 

Pindah naskah novel ke kaskus, perhatikan untuk Header Thread  (Pertama Kali Posting) usahakan mininmal 650 kata atau sekitar 4000 karakter.

Pada Header Thead Berisi Sinopsis/ Prolog dan Bagian Satu. Buat opening yang membuat pembaca  jatuh cinta pada  pandangan pertama dan lanjaran cerita yang kuat agar pembaca mengikuti cerita yang dibuat. 

Posting Header thread dan jangan lupa Komentari Sendiri Minimal 5 -10 komentar atau  Pejawan. Untuk apa komentar tersebut? Adalah untuk part-part selanjutnya yang sudah disiapakan sebelumnya. 

5. Bagikan Novel Online Secara On Going '


Setelah memposting header thread, jangan lupa bagikan ke media sosial hingga dapat PM lolos review.  Setelah lolos review baru bagikan tiap part secara on going. 

Rekomendasi; Saat manjangin thread, jangan terlalu cepat dan jangan pula terlalu lama. Bisa satu hari satu part atau seminggu tiga kali.  Jangan lupa buat ajakan bertintak pada para penggemar atau minta saran pada penulis lain yang dianggap paham dunia literasi. 

"Bagaimana Cara Membuat Novel, Apa Saja Langkahnya?" 

Kamu bisa baca materi saya sebelunya PANDUAN MENULIS NOVEL . Bagaimana, mudah bukan? Silah dicoba, tapi bukan coba-coba. 

"Bagaima Agar Viewer  Thread Selalu Tumbuh?"

Yap ingin mendapatkan penghasilan lebih tinggi salah satunya adalah membuat viewer thread tumbuh secara orghanik atau bisa disebut membangun trafik kunjungan. Mau tau? Tunggu saja ulasan berikutnya.  Selamat berkarya dan jangan lupa bahagia. Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih. 

Post a Comment for "Belajar Membuat Novel Online di Kaskus Kreator, Berani Coba? "